Komputer dan Masyarakat

Pemanfaatan Komputer di Berbagai Bidang

Manfaat Komputer Dalam Berbagai Bidang : 
1. Bidang Pendidikan
2. Dalam Dunia Bisnis
3. Sosial Budaya
4. Kehidupan Sehari - Hari
5. Pemerintahan
6. Kesehatan
7. Perekonomian
8. Perbankkan

1. Bidang Pendidikan



Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut:
1. Mendalami dan mencari bahan mengajar
2. Mencari berbagai teknik dan pola pengajaran baru
3. Memberikan kontribusi bagi orang lain dengan sharing ilmunya
4. Mempromosikan kegiatan sekolah
5. Mencari informasi lengkap penunjang profesi guru seperti sertifikasi guru

Sedangkan peranan bagi siswa sebagai berikut:
1. Membantu mengerjakan tugas
2. Menambah wawasan keilmuan
3. Membuka ruang tanya jawab
4. Memberikan ide yang berperan penting untuk sesama
5. Mempublikasikan karyanya agar lebih dikenal luas

2. Dalam Dunia Bisnis

Bagi Pengusaha:
1. Mencari sumber informasi yang berkaitan dengan bisnisnya
2. Mempromosikan dan mengembangkan bisnis,produk,dan jasanya
3. Mencari SDM berkualitas 
4. Sarana komunikasi internal/eksternal perusahaan
5. Sumber pendapatan utama (beberapa perusahaan bergantung pada internet contohnya media online)
6. Berinovasi
7. Menurunkan biaya operasional
8. Menekan biaya promosi

Bagi Karyawan:
1. Mencari perusahaan terbaik
2. Menambah skill teknik yang berkaitan dengan pekerjaan
3. Saran komunikasi antar karyawan
4. Mengetahui informasi terkini
5. Menambah pengetahuan
6. Sumber inovasi dalam pekerjaannya

3. Bidang Sosial Budaya

Sosial:
1. Berkomunikasi dengan mudah dimanapun dan kapanpun
2. Bisa mendapatkan banyak teman baru
3. Berdiskusi dengan mudah secara online bersama teman
4. Bertukar pikiran dengan orang lain
5. Melihat seseorang tanpa bertemu

Budaya:
1. Bisa mengetahui budaya dari semua negara di dunia
2. Memperkenalkan budaya negara sendiri kepada seluruh dunia
3. Melihat pameran kebudayaan dengan mudah
4. Meningkatkan pengetahuan akan budaya suatu daerah

4. Kehidupan Sehari - Hari

Manfaat pentingnya internet dalam kehidupan sehari hari:
1. Internet sebagai media untuk menambah wawasan dan pengetahuan
2. Internet memberikan kemudahan dalam berkomunikasi 
3. Internet sebagai saran hiburan
4. Media untuk berbagi informasi
5. Internet sebagai media belajar secara online
6. Internet memberikan kemudahan berbelanja secara online
7. Internet sebagai media untuk berbisnis

5. Pemerintahan

Manfaat pentingnya internet dalam pemerintahan suatu negara:
1. Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat
2. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan
3. Melalui perantara media internet antara pemerintah dengan masyarakat dapat terjadi hubungan yang kesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah
4. Internet dapat digunakan sebagai media untuk berkampanye
5. Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri
6. Program - program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien 

6. Kesehatan

Manfaat internet dalam bidang kesehatan antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai pusat informasi kesehatan secara online
2. Dapat digunakan sebagai alat pendaftaran pasien secara online
3. Dapat mendeteksi gejala-gejala penyakit
4. Memudahkan masyarakat dalam mengetahui berbagai macam informasi tentang penyakit beserta obatnya
5. Dapat mengajarkan masyarakat hidup sehat secara online

7. Perekonomian

Ada banyak manfaat internet terhadap perekonomian baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut beberapa manfaat internet di bidang ekonomi :
1. Menjadi media iklan 
2. Menyediakan fasilitas transaksi secara online
3. Menyediakan peluang kerja di bidang teknologi informasi
4. Menyajikan pergerakan harga
5. Mempermudah komunikasi bisnis
6. Memangkas jalur distribusi
7. Mempercepat proses transaksi 
8. Memperkecil biaya operasional
9. Memudahkan pencarian informasi bisnis

8. Perbankkan

1. Internet Banking
Berikut ini adalah beberapa kelebihan internet banking:
1. Mudah dalama melakukan transaksi transfer, pengecekan saldo, mutasi dan pembayaran melalui ATM
2. Tidak perlu repot mencari ATM terdekat, ataupun mengantri di teller
3. Response time yang cepat
2. Update Informasi Realtime Kurs Valas dan Juga Saham Dari lantai Bursa
Hal ini tentu saja sangat mempermudah para pemain lantai bursa dan juga valas agar dapat memperoleh informasi yang lebih tepat, akurat, dan juga cepat, karena bisa dilakukan di rumah saja dengan sangat mudah dan juga prkatis.
3. Customer Service
Dengan adanya internet kita bisa menanyakan informasi-informasi penting melalui customer service online.



Dampak Positif dan Negatif Komputer

Dampak positif dan negatif menurut bidangnya:
1. Pendidikan
2. Kesehatan
3. Pemerintahan
4. Bisnis 
5. Teknologi
6. Sosial dan Budaya

1. Bidang Pendidikan

Dampak Positif:
1. Memudahkan guru maupun pegawai sekolah dalam memproses nilai siswa, kehadiran siswa, pembayaran sekolah, pembuatan jadwal,dll
2. Mempermudah siswa mengerjakan tugas
3. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang
4. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual

Dampak Negatif:
1. Anak kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orang tua mengkonsumsi games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresitivitas
2. Kecanduan anak pada komputer
3. Akses negatif lewat internet
4. Kreatifitas kerajinan semakin menurun

2. Bidang Kesehatan

Dampak Positif:
1. Ditemukannya mikroskop, sinar-X, antibiotik, obat-obat bius, transpaltasi vaksinasi bidang kedokteran dan pengobatan
2. Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak. Misalnya mata (baik mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung.
3. Ditemukannya keahlian dalam bidang operasi plastik, sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung, dll

Dampak Negatif:
1. Radiasi monitor
2. Terganggunya saraf

3. Bidang Pemerintahan

Dampak Positif:
1. Pelayanan masyarakat lebih baik
2. Peningkatan hubungan antara pemerintahan, pelaku bisnis, dan masyarakat umum
3. Informasi yang mencukupi
4. Dalam konteks penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik
5. Birokrasi masyakarat lebih efisien

Dampak Negatif:
1. Cyber crime situs pemerintahan
2. Jangkauan akses
3. Memakan biaya
4. Kurangnya privasi

4. Bisnis

Dampak Positf:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat

Dampak Negatif:
1. Penipuan 
2. Carding
3. Perjudian

5. Teknologi


Dampak Positif:
1. Memudahkan user dalam menciptakan karya seni yang berkualitas
2. Pekerjaan dapat dikerjakan lebih mudah dan praktis
3. Waktu yang digunakan lebih cepat

Dampak Negatif:
1. Maraknya pembajakan
2. Maraknya pencurian hak cipta
3. Mengurangi kreatifitas alami

6. Sosial dan Budaya

Dampak Positif:
1. Adanya pertukaran budaya antar suku, daerah, bahkan antar negara
2. Mempermudah seseorang untuk mengenal budaya yang ada di seluruh dunia
3. Mudahnya memperkenalkan karya-karya anak bangsa ke dunia internasional
4. Penyebarluasan hasil kebijakan pemerintah dapat lebih cepat dan mudah disampaikan pada publik

Dampak Negatif:
1. Munculnya budaya apatis terhadap lingkungan
2. Membentuk budaya yang serba online
3. Kurangnya sikap selektif terhadap masuknya budaya asing dari luar
4. Tingkat kepercayaan yang semakin menurun tterhadap lingkungan sekitar


Profesi DiBidang IT

Terdapat beberapa terminologi pada pekerjaan IT contohnya yaitu pekerjaan, profesi, profesional, profesionalisme, etika profesi, dan kode etik. Mari kita bahas perbedaan terminologi berikut:
1. Pekerjaan  
- Kodrat manusia untuk bertahan hidup di dunia
- Suatu aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan 
2. Profesi
- Bagian dari pekerjaan
- Pekerjaan yang mengharuskan pelakunya memiliki pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dan keterampilan tertentu yang diperoleh melalui praktek dan pengalaman kerja pada orang yang terlebih dahulu menguasai keterampilan tersebut
3. Profesional
- Menguasai ilmu secara mendalam dalam bidangnya
- Mampu mengkonversikan ilmunya menjadi keterampilan
- Selalu menjunjung tinggi etika dan integritas profesi
- Memiliki sikap komitmen tinggi, jujur, tanggung jawab, berfikir, sistematis, menguasai materi
4. Profesionalisme
- Nilai-nilai profesional harus menjadi bagian dan telah menjiwai seseorang yang sedang mengemban sebuah profesi
- Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang teknologi komputer dan informasi adalah sertifikasi, akreditasi, forum komunikasi
5. Etika Profesi
- Penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional
6. Kode Etik
- Tata aturan berdasarkan aspek etika dan moral yang disepakati bersama oleh anggota suatu asosiasi profesi untuk dijadikan pedoman dalam bertindak secara profesional

Thomas Aquinas seperti dikutip Sumaryono (1995) mengatakan bahwa wujud kerja memiliki tujuan:
- pemenuhan kebutuhan hidup
- mengurangi tingkat pengangguran/kriminalitas
- melayani sesam
Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, namun tidak setiap pekerjaan adalah profesi. Suatu proses yang berlangsung terus menerus di dalam perusahaan untuk mendapatkan orang yang tepat dengan skill yang tepat. Makin langka orang yang bisa menempati suatu posisi juga akan ikut mendongkrak value orang tersebut. Di bidang Ti, tenaga yang dibutuhkan adalah mereka yang memiliki kapasitas dan kompetensi tertentu dan sangat spesifik. Dua poin penting dalam profil calon pelamar yang diharapkan oleh perusahaan secara umum, yakni latar belakang pendidikan (akademis) dan nonpendidikan sebagai nilai tambah.
Profesi dibidang IT dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
- Sofware 
- Hardware
- Bisnis
- Operasional
Di setiap profesi terdapat beberapa pekerjaan. Berikut adalah pekerjaan disetiap profesi di bidang IT:
1. Software
- Sistem Analis
Bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan mulai dari menganalisa kelebihan dan kekurangan sistem sampai desain pengembangan sistem.
- Programmer
Mengimplementasikan rancangan sistem analisis dengan membuat program sesuai analisa sistem sebelumnya.
- Web Designer
Melakukan perancangan dan desain aplikasi berbasis web
- Web Progammer
Mengimplementasikan rancangan web designer
2. Hardware
- Technical Engineer
Dalam bidang teknik baik berkenaan dengan pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer
- Networking Engineer
Dalam bidang teknis jaringan komputer dan maintenance
3. Bisnis 
- Consultant IT
Memberikan rekomendasi mengenai solusi IT terbaik untuk memecahkan masalah
- User Interface Designer
Mendesain user interface agar menarik dan serasi secara visual
- Web Master
Kemampuan dalam membangun/membuat website dari awal dengan menggunakan berbagai macam program
4. Operasional
- EDP Operator
Mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing di perusahaan/organisasi
-Sistem Administrator
Melakukan administrasi terhadap sistem, pemeliharaan, mengatur hak akses terhadap sistem dan pengaturan operasional sebuah sistem
-MIS director
Management Information System director melakukan manajemen terhadap sistem secara keseluruhan termasuk sumber daya manusianya


Kejahatan Komputer/CyberCrime

Asal muasal cyberccrime pada tahun cyber attack menggunakan worm/virus. Kemudian tahun 1994 dikenal dengan Richard Pryce dan dilanjutkan tahun 1995 dikenal dengan Kevin Mitnick. Motif cyber crime sendiri ada 5 macam, yaitu:
1. Tindak kejahatan murni
2. Tindakan kejahatan abu-abu
3. Menyerang individu
4. Menyerang hak cipta
5. Menyerang pemerintah
Ciri-ciri pelaku cyber crime yaitu:
- Memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer
- Menguasai algoritma dan pemrograman komputer untuk membuat script/kode malware
- Dapat menganalisa cara kerja sistem komputer dan jaringan
- Mampu menemukan celah pada sistem yang kemudian akan menggunakan kelemahan tersebut untuk tindakan kejahatan seperti pencurian data.
Berikut beberapa ciri dari cybercrime yaitu:
- Pebuatan yang dilakukan secara ilegal, tanpa hak atau tidak etis tersebut terjadi di ruang/wilayah maya (cyber-space), sehingga tidak dapat dipastikan yuridiksi hukum negara mana yang berlaku terhadapnya.
- Perbuatan tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan apapun yang bisa terhubung dengan internet.
- Pelakunya adalah orang yang menguasai penggunaan internet beserta aplikasinya
- Perbuatan tersebut seringkali dilakukan secara transnasional/melintasi batas negara
- Perbuatan tersebut mengakibatkan kerugian materil maupun immateril (waktu, nilai, jasa, uang, barang, harga diri, martabat, kerahasiaan informasi) yang cenderung lebih besar dibandingkan kejahatan konvensional
- Komputer sebagai target
- Komputer sebagai senjata
Jenis jenis cybercrime:
1. Unauthorized Access
2. Illegal Contents - Pornography
3. Penyebaran virus secara sengaja
4. Cyber Espionage, Sabotage, and Extortion
5. Carding
6. Hacking dan Cracker
7. Cybersquatting and Typosquatting
8. Judi Online - Cyber Gambling
9. Cyber Bullying
10. Cyber Terrorism
11. Cybercrime AS Industrian
12. Cyber Vandalism/Cyber Hooliganism
13. Cyber Warfare
14. Cyber Attack
15. Denial - of - Services
16. Cyber-theft, cyber-breach, cyber-obscenity
Phising
Password Harvesting Phising yang artinya adalah tindakan memancing dengan tujuan untuk mengumpulkan password merupakan aktifitas seseorang untuk mendapatkan informasi rahasia user dengan cara menggunakan email dan situs web yang menyerupai aslinya atau resmi. Informasi rahasia yang diminta biasanya berupa password account atau nomor kartu kredit, detail pembayaran, dll.
Cara Penanggulangan CyberCrime
1. Melakukan modernisasi hukum pidana nasional beserta hukum acaranya, yang diselenggarakan dengan konvensi internasional yang terkait dengan kejahatan tersebut.
2. Meningkatkan sistem pengamanan jaringan komputer nasional sesuai standar internasional.
3. Meningkatkan pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upaya pencegahan, investigasi dan penutupan perkara-perkara yang berhubungan dengan cybercrime.
4. Meningkatkan kesadaran warga negara mengenai masalah cybercrime serta pentingnya mencegah  kejahatan tersebut terjadi.
5. Meningkatkan kerja sama antar negara, baik bilateral, regional maupun multilateral, dalam upaya penanganan cybercrime, antara lain melalui perjanjian ekstradisi dan mutual assistance treaties.

Jenis-Jenis Software

Jenis-jenis software dibagi menjadi 7 bagian, yaitu:
1. Propieraty Sotfware
2. Adware
3. Beerware
4. Freeware
5. Shareware
6. Spyware
7. Open Source

1.  Propieraty Software
Dari segi bahasa, frasa propieraty software di dalam Bahasa Inggris berarti perangkat lunak yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu pemilik. Dengan kata lain, ialah perangkat lunak yang merupakan properti dari suatu pihak tertentu. Contoh propieraty software dari dua jenis platform sistem operasi propieraty terpopuler di dunia yaitu Windows dan Mac.
2. Adware
Adware adalah sebuah istilah dalam dunia teknologi yang diambil dari Bahasa Inggris. Secara bahasa istilah Adware terdiri dari dua kata, yaitu Ad yang berarti iklan dan Ware yang berarti barang atau aplikasi. Dapat disimpulkan bahwa Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstalasi dirinya sendiri pada komputer user tanpa diketahui oleh user dan perangkat lunak tersebut akan menampilkan iklan disaat user mencari informasi di internet. Contoh dari Adware adalah MyStartSearch dan WebsSearches.Com
3. Beerware
Software jenis ini bisa dibilang unik karena beerware merupakan software yang berlisensi bebas. Software ini bisa dipergunakan untuk tujuan apapun, namun jika pengguna beerware merasa software yang dipergunakan sangat berguna, maka mengharuskan mentraktir beer jika bertemu dengan pembuat softwarenya. 
4. Freeware
Software jenis ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan tanpa batasan waktu terntentu. Tetapi software jenis ini biasanya memiliki fitur yang kurang powerfull. Contohnya sangat banyak salah satunya adalah: Skype, Ccleaner, Adobe Flash Player, Uc Browser, Youtube Downloader
5. Shareware
Software jenis ini merupakan kebalikan dari freeware karena shareware memilki batasan waktu tertentu dan mengharuskan user melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yang didapatkan dari membelinya. Software ini biasanya memiliki kemampuan yang pwerfull. Contohnya yaitu: StyleXp, Windows Blinds, WinRAR, Corel Draw, dll.
6. Spyware
Spyware merupakan software yang berfungsi untuk memantau ataupun memata-matai aktifitas komputer yang dilakukan oleh user. Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.
7. Open Source
Open source sotfware atau software sumber kode terbuka merupakan software yang dapat diubah, ditingkatkan, ataupun, disebarluaskan karena memungkinkan user untuk melihat source code dari software. Software jenis ini biasanya dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dan memiliki lisensi General Public License (GPL). Contohnya yaitu XAMPP, LINUX, Oscommerce, Audacity, dll

  










Komentar